Hotel Ambarrukmo

Ambarrukmo Bersolek Kembali

Berbicara mengenai hotel Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak menyebut Ambarrukmo. Bangunan hotel ini menyimpan begitu banyak sejarah bagi bangsa Indonesia terlebih bagi rakyat Yogyakarta. Berbicara mengenai hotel di Indonesia, Ambarrukmo adalah hotel mewah berstandar internasional pertama yang ada di Indonesia. Sempat berjaya di zaman presiden Soekarno, hotel ini lambat laun pudar dari ingatan bangsa dan akhirnya terlupakan. Kala itu Presiden Soekarno mencanangkan mega proyek mercusuar yang menunjukkan pada seluruh dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar yang mampu membangun bangunan maupun kegiatan-kegiatan yang bertaraf internasional.

Hotel Ambarrukmo ketika itu dibangun bersama hotel megah lainnya, Hotel Indonesia di Jakarta, Hotel Samudera Beach di Pelabuhan Ratu, Hotel Bali Beach di Sanur Bali. Hotel-hotel tersebut menjadi hotel yang bersejarah bagi bangsa ini. Diresmikan pada tahun 1966, Ambarrukmo yang megah telah menjadi hotel paling berpengaruh di Yogyakarta kala itu. Hotel ini terdiri atas dua sayap, yang dibangun masing-masing pada tahun 1965 dan 1974, dengan sayap pertama menyuguhkan panorama Gunung Merapi. Dengan menginap di hotel ini anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Kota Jogja seperti : candi prambanan, pantai parangtritis, dan pantai pandansimo.

Hotel ini juga menghadirkan sejarah tersendiri bagi keraton karena sering digunakan oleh SultanHamengku Buwono V dan VII. Pada tahun 2005, hotel ini sempat tidak terurus dengan debu, kerusakan, dan daun-daun berserakan di mana-mana. Dan di tahun 2013, Ambarrukmo bersolek kembali, mengganti nama menjadi Ambarrukmo Palace Hotel Yogyakarta diharap memberikan kesegaran baru. Secara keseluruhan hotel ini seperti terlahir kembali dengan penampilan yang lebih menawan. Hotel ini menyuguhkan estetika zaman dahulu dan modernitas karena menghadirkan peninggalan-peninggalan bersejarah hotel ini di dalamnya.

LEAVE A COMMENT