Wisata Pantai Manis Sumatra Barat

Pantai manis atau yang sering disebut oleh masyarakat sekitar wisata sebagai pantai Aie Manih merupakan objek wisata pantai yang sangat terkenal oleh masyarakat lokal Sumatera Barat. Pantai ini terletak di Kec Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia dan dapat di tempuh dari kota Pandang dengan menggunakan kendaraan umum sekitar 2 hingga 3 jam. Pantai Air Manis, merupakan salah satu pantai  yang terdapat di Kota Padang yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi Pantai Air Manis terletak di Kecamatan  Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra  Barat, Indonesia.

Pantai ini memiliki  pesona pantai yang indah dengan gulung nan ombak yang semilir. Ketika pantai dihembus angin sepoi-sepoi, terdengar suara ombak yang lembut menyusuri pantai, sehingga membuat nuansa menjadi sejuk dan tenteram. Jika air laut sedang surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri bibir pantai yang cukup luas sembari melihat pemandangan laut yang terbentang luas di depan mata.

pantai air manis sumbar

Objek wisata pantai Manis sangat terkenal dengan cerita rakyatnya, yaitu Malin Kundang. Menceritakan tentang seorang anak yang telah durhaka kepada ibu kandungnya dan kemudian dia dikutuk menjadi sebuah batu. Hingga sekarang pun batu tersebut masih terdapat di pantai Manis dan dalam keadaan yang sudah tidak berbentuk lagi di karenakan usianya yang sudah cukup tua.

Pantai Manis menyajikan pemandangan pasir kecoklatan yang cukup luas, dengan hamparan ombak yang cukup tenang sehingga sangat aman untuk melakukan berbagai macam aktivitas air. Jarak antara wilayah pasir dengan daratan (tanah) pun terlihat sangat jauh, tentunya area ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas pasir seperti bermain olah raga voly pantai ataupun sepakbola pantai.

Di Pantai Air Manis, juga terdapat prasasti “si  anak durhaka Malin Kundang”. Prasasti tersebut berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan jasad si Malin Kundang. Ketika ombak menghempas batu tersebut, terdengar suara gemercik air yang membahana seperti suara ratapan dan tangisan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut.

Tidak jauh dari bibir pantai, nampak sebuah pulau yang berdiri dengan anggunnya sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau ini dikenal dengan Pulau Pisang Kecil. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya tergabung menjadi satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Meski tidak  jinak, monyet tersebut tidak mengganggu para wisatawan.

Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang dapat anda temukan disana, seperti penginapan, restoran, tempat perbelanjaan dan kendaraan yang dapat mempermudah anda dalam menjelajahi objek wisata pantai Manis. Pantai Manis akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal pada musim liburan untuk melihat patung malin kundang yang telah dimakan usia. Beberapa diantaranya pun mengabadikan-nya dengan melakukan foto-foto disekitar patung tersebut sehingga membuat liburan keluarga anda menjadi menyenangkan.

LEAVE A COMMENT