Tips Menyimpan Baju Batik di Lemari

Lemari Baju Batik

Lemari Baju Batik

Sebagian besar wanita memang memiliki hobi yang sama, yaitu berbelanja. Apalagi belakangan ini baju batik tengah populer dengan berbagai desain yang menarik. Mau tak mau, keinginan berbelanja pun semakin menggebu-gebu ketika melihat jejeran batik. Terlebih ketika mereka berkunjung ke Yogyakarta ataupun Solo. Kota yang dikenal sebagai kota batik nusantara, pastinya membuat para wanita ini menghabiskan waktu untuk sekedar berburu batik.

 

Sayangnya, tak semua baju batik ini dikenakan secara langsung. Bahkan keseringan mereka menyimpan batik di dalam lemari pakaian tanpa disentuh sama sekali. Tentu sangat disayangkan, apalagi mengingat kerusakan yang mungkin terjadi pada batik Anda. Tak selamanya tekstur serta warna batik tetap cerah seperti semula. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda para wanita untuk telaten memperhatikan cara menyimpan batik yang benar.

Cara berikut sedikit membantu Anda mempertahankan keawetan batik walaupun disimpan di dalam lemari pakaian saja. Satu hal yang pasti, pastikan lemari pakaian tetap tertutup rapat dan tidak ada celah untuk tikus masuk ke dalamnya. Tikus sendiri merupakan musuh nomor 2 yang merusak baju batik setelah ngengat. Setelah itu, Anda perlu telaten untuk sekedar mengangin-anginkan batik secara berkala. Setidaknya 3 bulan sekali untuk menghindari baju lembab ketika disimpan.

Pasalnya, lembab akan memicu terbentuknya jamur hingga merusak bahan baju batik sendiri. Trik yang paling ampuh untuk mengusir ngengat sendiri adalah dengan menaburkan merica ataupun akar wangi pada lemari. Sehingga tidak ada ngengat yang sengaja merusak pakaian Anda di dalam lemari kesayangan. Jika ingin menggunakannya, pastikan bahwa pakaian telah dicuci sebelumnya. Walaupun disimpan di dalam lemari, pastinya akan lebih higienis untuk dicuci kembali.

Tidak dikenakan setelah sekian lama pastinya memberikan sedikit rasa risih bila tak dibesihkan kembali. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda mencuci serta menyetrika baju batik dengan benar. Agar motif serta warna batik tidak berubah atau memudar. Anda akan tampil cantik kembali dengan balutan batik yang dipadupadankan bersama aksesoris sederhana. Tak perlu mahal bukan untuk tampil cantik dengan batik yang tak terpakai?

LEAVE A COMMENT