camping

Tips Berlibur Di Alam Terbuka

Berlibur di alam terbuka merupakan liburan yang menyenangkan, terutama bagi orang-orang yang menyukai petualangan.  Kita bisa menikmati keindahan alam dan belajar bersyukur atas ciptaan Tuhan. Kita bisa belajar mencintai alam dan bahwa alam tidak boleh dirusak, justru kita harus menjaga kelestariannya. Buat yang tidak menyukai liburan di alam terbuka, bisa mencobanya, sangat menyenangkan, terutama bersama teman-teman dan sahabat akan semakin mengakrabkan satu sama lain.

Agar pelaksanaan kemping berjalan dengan baik, harus ada perencanaan yang matang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kemping diadakan oleh sekolah dalam hal ini kegiatan pramuka, biasanya para pembina sudah menemukan tempat dan sarana yang akan mendukung kegiatan kemping tersebut. Jika kemping akan diadakan sendiri bersama teman-teman, ini tips yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan kemping.

kemping

kemping

1. Tentukan lokasi kemping.

Sekarang sudah banyak tempat tujuan wisata yang menyediakan lokasi untuk kemping.  Misalnya di daerah Ciawi, Puncak,  dan daerah pegunungan lainnya. Dapatkan informasi tentang lokasinya lewat internet atau survey langsung. Yang pasti yang harus di cari adalah apakah dekat dengan sumber air,  berapa jauh letaknya dari jalan raya sehingga dapat mengetahui kendaraan seperti apa yang bisa masuk kedaerah tersebut. Jika sudah menentukan lokasi, segera meminta ijin pada pihak yang berwenang di tempat itu dan tentukan akan berapa lama berada di tempat tersebut.

2.  Beri informasi pada peserta.

Kita harus memberikan informasi yang lengkap tentang lokasi kemping tersebut, peta dan kompas harus ada. Juga informasi apa yang harus dilakukan jika terdapat keadaan darurat. Apa saja yang diperbolehkan dan dilarang saat kemping. Misalnya: tidak merusak tanaman yang ada dsb. Harus saling peduli pada teman jika mereka mendapat masalah.

3.  Bawa perlengkapan pribadi.

agar liburan keluarga anda menjadi nyaman, dalam berkemping jangan lupa membawa perlengkapan pribadi dan membawa persediaan makanan yang mudah dibawa dan tidak repot dalam penyediaannya. Lebih baik makanan kaleng, atau makanan instan. Disarankan membawa makanan lebih untuk berjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan misalnya ada yang tersesat dan harus menginap lebih lama dsb. Air minum  dan air mandi tentunya di dapat dari sumber air terdekat. Serta jangan lupa bawa korek api, senter , lotion anti nyamuk dan baju hangat. Tidak ketinggalan peralatan PPPK seperti perban, minyak angin, obat merah dll.

LEAVE A COMMENT